STRUKTUR ORGANISASI

 

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lombok Tengah merupakan penggabungan dari 2 (dua) Bagian di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Tengah yaitu penggabungan dari Bagian Keuangan dan Bagian Aset Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Tengah, yang berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lombok Tengah (Lembaran Daerah Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016 Nomor 6).

Pembentukan BPKAD Kabupaten Lombok Tengah sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Peraturan Pemerintah tersebut mengamanatkan salah satu Dinas/Badan yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota adalah Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Aset Daerah. Namun Di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, bidang pendapatan dipisahkan dan berdiri sendiri sehingga di Kabupaten Lombok Tengah ada 2 (dua) Badan yang menjalankan fungsi tersebut yaitu Badan Pengelola Pendapatan Daerah dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

Disamping itu, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, BPKAD melaksanakan 2 (dua) urusan wajib pemerintahan yaitu : Urusan wajib Otonomi Daerah, Pemerintah Umum, Administrasi Keuangan Daerah, Perangkat Daerah, Kepegawaian, dan Persandian Serta Urusan Wajib Pertahanan.

Adapun Struktur/Bagan Organisasi BPKAD Kabupaten Lombok Tengah dapat disajikan sbb :