SOLAH

 

SOL@H (Sistem Optimalisasi Layanan Hibah) merupakan aplikasi hibah berbasis online yang ditujukan untuk meningkatkan transparansi dalam pengelolaan dana hibah di Kabupaten Lombok Tengah.Nama Solah diambil dengan mempertimbangkan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Lombok.“Solah dalam Bahasa Sasak mengandung arti baik/bagus.Diharapkan niat baik/bagus dari Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah meluncurkan dana hibah di Lombok Tengah, baik/bagus pula hasilnya dalam menunjang penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, dan yang terpenting bahwa dana hibah yang diterima dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya menuju Lombok Tengah“Bersatu”: Beriman, Sejahtera dan Bermutu.

Melalui SOL@H diharapkan pula agar jalannya dana hibah yang diturunkan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah untuk membiayai berbagai kegiatan yang diusulkan oleh badan/lembaga/organisasi kemasyarakatan dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka. Seluruh proses dalam SOL@H dapat terlihat dan diawasi oleh seluruh lapisan masyarakat.

Badan/lembaga/organisasi kemasyarakatan yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah dapat:

  • Mendaftarkan proposal hibah sekaligus dapat mengetahui informasi status proposal tersebut (apakah diterima, ditolak, sedang diverifikasi, dan sebagainya); serta
  • Seluruh lapisan masyarakat khususnya warga Lombok Tengah dapat turut berpartisipasi dalam memonitor jalannya pengelolaan dana hibah di Kabupaten Lombok Tengah serta dapat memberikan masukan maupun saran.

Mari bersama kita wujudkan upaya peningkatan transparansi pengelolaan dana hibah di Kabupaten Lombok Tengah.


Hibah

Hibah merupakan program bantuan dana dari pemerintah daerah yang antara lain diarahkan untuk badan/lembaga/organisasi kemasyarakatan yang secara spesifik telah ditetapkan peruntukannya, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat, serta tidak secara terus menerus yang bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan pemerintah daerah.


Tahapan Solah

Setiap lembaga/badan/organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Lombok Tengah yang ingin mengajukan proposal/usulan hibah, dengan cara pendaftaran melalui aplikasi hibah online serta mengirimkan kelengkapan dokumen secara langsung kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah. Setelah itu Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan memverifikasi. TAHAPAN selengkapnya sebagai berikut:

  • Badan/lembaga/organisasi kemasyarakatan mendaftarkan proposal hibah secara online melalui aplikasi hibah online https://www.solah.lomboktengahkab.go.id
  • Badan/lembaga/organisasi kemasyarakatan menyerahkan kelengkapan dokumen secara langsung kepada Bupati Lombok Tengah atas nama Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lombok Tengah.
  • Kasubbag Umum pada BPKAD selaku TU akan memverifikasi kelengkapan proposal dan dokumen pendukung proposal tersebut.
  • Bupati memberikan disposisi kepada Kasubbag Umum pada BPKAD untuk menyampaikan proposal tersebut kepada Tim Pertimbangan.
  • Tim Verifikasi selaku Tim pertimbangan akan mendistribusikan proposal kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait sesuai bidangnya.
  • OPD terkait akan melakukan evaluasi kelengkapan dan keabsahan proposal tersebut secara faktual serta memberikan rekomendasi besaran dana yang diusulkan untuk diberikan.
  • Tim Verifikasi selaku Tim pertimbangan akan memeriksa usulan dana yang direkomendasikan oleh OPD terkait dan Tim Evaluasi juga akan memberikan rekomendasi besaran dana yang diusulkan untuk diberikan.
  • TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) akan memeriksa usulan dana dari OPD dan Tim Verifikasi (Pertimbangan) untuk kemudian memberikan rekomendasi final dana yang akan diberikan. Selanjutnya, seluruh proposal yang diberikan rekomendasi dana akan direkapitulasi dalam dokumen Daftar Nominatif Calon Penerima Hibah (DNC PH).
  • Bupati akan memeriksa DNC PH beserta jumlah dana. Apabila disetujui maka DNC PH beserta jumlah dana tersebut menjadi bahan dalam penyusunan Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) – Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Dokumentasi kegiatan Sol@h