SILAK

Sistem Informasi Layanan Aset dan Keuangan (SILaK) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh BPKAD Kabupaten Lombok Tengah untuk dapat menyediakan layanan informasi terkait aset dan keuangan daerah kepada publik. SILaK sebagai bentuk inovasi BPKAD dalam mewujudkan e-Government untuk dapat meningkatan pelayanan Pemerintah Daerah kepada Masyarakat maupun OPD sehingga memudahkan, mempercepat dan mempermurah proses pengambilan informasi Keuangan.

Aplikasi yang dibangun berbasis OS Android ini dapat diunduh langsung menggunakan Gawai pintar yang dimiliki client. Adapun pada saat dilaunching, aplikasi ini memiliki dua modul/fitur utama yaitu :

  • Layanan informasi berkala tentang kondisi keuangan daerah yang dapat diakses publik ((Saldo Kas, Pendapatan Bunga Deposito, Realisasi SP2D, dst.)
  • Layanan pengecekan status pencairan SP2D online yang dapat diakses pihak penyedia jasa di lingkungan Pemkab Lombok Tengah, dengan menggunakan nomor SPM

Modul Laporan Keuangan yang disajikan dibagi berdasarkan kategori Laporan Keuangan maupun waktu publish data terkait, data yang disajikan dapat di Pratayang, unduh dan bagikan langsung melalui aplikasi. Proses updating data dilakukan secara berkala dan online menggunakan web based backend.

Modul Cek Status Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dilakukan dengan menginput nomor SPM yang bersifat unik untuk dapat melakukan proses pengecekan dan atau pemantauan proses terakhir, sumber data modul ini berasal dari aplikasi pengelolaan keuangan dan Cash Management System (CMS) Bank NTB secara online.


Pemutakhiran

Untuk meningkatkan pelayanan utamanya kecepatan updating data, BPKAD akan mengintegrasikan secara penuh Service (layanan) yang digunakan yaitu CMS Bank NTB dan Simda Keuangan. Adapun manfaat yang didapat antara lain :

  • Tidak perlu lagi upload data SPM dari SIMDA  maupun pencairan dari CMS secara manual
  • Memungkinkan seluruh data SIMDA  untuk dapat diolah menjadi laporan publik secara otomatis (disesuaikan dengan kebutuhan), baik dengan bentuk tabular maupun grafik

Unduh (download)

Untuk mendapatkan aplikasi ini, client wajib menggunakan Gawai pintar (smartphone) berbasis android, lalu membuka halaman https://play.google.com/store/apps/details?id=bpkad.lomboktengahkab.go.id.treasuryreport atau membuka Aplikasi Google Play dan mealakukan proses Cari dengan kata kunci “silak lombok tengah” , atau bisa dengan melakukan scan barcode dibawah ini, semoga bermanfaat, apabila ada saran dan kritik dapat meninggalkan komentar disini ataupun pada halaman silak do Google Playstore