Rekonsiliasi Data Realisasi Keuangan Puskesmas

BPKAD-Praya. Dalam rangka menindaklanjuti Preeliminary Audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia pada tahun 2019, BPKAD Kabupaten Lombok Tengah melalui Bidang Akuntansi dan Pelaporan mengundang Bendahara Pengeluaran 12 Puskesmas se Kabupaten Lombok Tengah pada hari Senin 25 Maret 2019. Acara bertempat di Ruang Tastura 3 BPKAD dan dipimpin oleh Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan DAFINA FATANA, SE. M.Acc didampingi oleh mitra kerja Puskesmas di BPKAD. 

Rekonsiliasi data realisasi keuangan Puskesmas ini mensinergikan data yang disajikan ke BPK RI dan data keuangan Puskesmas untuk beberapa temuan pendahuluan yang hasilnya harus diperdalam sehingga laporan keuangan yang disajikan sesuai dengan kaidah akuntansi dan pelaporan. Terdapat beberapa kendala teknis yang ditemui karena setelah Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) disampaikan untuk direview oleh Inspektorat daerah, beberapa aktivitas pelaporan harus disesuaikan nominal dan pengakuannya dalam sistem.

Acara ini merupakan agenda tahunan BPKAD Lombok Tengah untuk terus berupaya meningkatkan kapasitas kemampuan keuangan daerah, khususnya Bendahara Pengeluaran dan Operator Simda Keuangan di Puskesmas yang relatif baru dalam menyusun Laporan Keuangan Puskesmas, tentunya diharapkan kondisi ini semakin membaik dengan bertambahnya pengalaman Operator Puskesmas sehingga suatu saat mampu menyusun Laporan Keuangannya secara Mandiri. (ikj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *