Pelatihan tahap II operator Simda Kelurahan dan Bendahara Pengeluaran Pembantu Kelurahan

BPKAD-Praya. Dalam rangka terus meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara khususnya dalam Pengelolaan Keuangan Daerah, BPKAD Kab. Lombok Tengah mengundang Operator Simda Keuangan dan Bendahara Pengeluaran Pembantu dari Kelurahan untuk mengikuti acara pelatihan dengan menggunakan Simda Keuangan. Acara yang bertempat di Ruang Tastura III BPKAD Kab.Lombok Tengah pada tanggal 18 Maret 2019 ini adalah bagian dari pemantapan pengelolaan Dana Kelurahan.

Sebagaimana diketahui Kelurahan seluruh Kab/Kota se Indonesia menerima Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan yang tata kelolanya mengacu pada Permendagri 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan di kelurahan. Dengan diterbitkannya DAU tambahan ini, maka diharapkan Lurah sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) melalui operator Simda Keuangannya mampu melaksanakan proses penatausahaan dan pertanggungjawaban secara mandiri sebagai dukungan pelaksanaan kegiatan Kecamatan tempatnya bernaung.

Dalam acara ini disampaikan beberapa proses yang harus diketahui seperti cara penghitungan pajak dalam belanja, proses melakukan bukti pengeluaran belanja dll. Acara didominasi oleh diskusi interaktif antara narasumber dan peserta dikarenakan operator Simda di kelurahan baru menggunakan Aplikasi Simda di tahun 2019 ini. Sebagai dokumen pelengkap dan informasi tambahan BPKAD mendorong proses pencairan Dana ke masing-masing Bendahara Pengeluaran menggunakan Transaksi Non Tunai sebagai bagian dari amanat Peraturan Bupati yang mengatur Transaksis Non Tunai di Lingkup Kabupaten Lombok Tengah. (ikj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *