Rapat Evaluasi Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019

BPKAD – Praya. Bertempat di Ruang Tastura 3 BPKAD Kabupaten Lombok Tengah, pada tanggal 30 Januari 2019 digelar Rapat Tahunan Evaluasi Pelaksanaan APBD yang dihadiri Bendahara Pengeluaran seluruh Organisasi Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Lombok Tengah.
Acara yang menjadi agenda tahunan ini bertujuan untuk berkoordinasi dalam proses evaluasi pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 dan persiapan-persiapan di tahun anggaran 2019 termasuk didalamnya persiapan dalam rangka pemeriksaan awal Badan Pemeriksa Keuangan di bulan Februari 2019.

Acara yang dibuka oleh Narasumber Kepala Bidang Perbendaharaan Kusna Hariadi ini menyampaikan beberapa permasalahan teknis di tahun anggaran 2018 terutama dalam proses penginputan data ke Simda yang lebih harus berhati-hati demi meningkatkan keakurasian data yang disajikan sehingga tidak berdampak kedepannya, selain itu proses Penyusunan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) yang harus ditingkatkan kedepannya agar tidak berdampak ke Proses Penerbitan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Ganti Uang (GU) berikutnya. Untuk pelaksanaan Perjalanan Dinas oleh ASN diingatkan untuk tetap mengacu ke Peraturan Bupati yang mengatur Perjalanan Dinas termasuk didalamnya penyiapan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk penyelesaian SPD rampung yang sesuai dengan perbup dimaksud. Untuk persiapan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 Kusna Hariadi mengingatkan agar pelaksanaan program/kegiatan yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019 agar mengacu ke Rencana Kegiatan (RK) yang sudah disetujui oleh Kementrian Pengampu dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) SKPD.

Acara ditutup dengan harapan kegiatan koordinasi seperti ini dapat meningkatkan performa Bendahara Pengeluaran baik yang sebelumnya sudah menjabat atau yang baru menjabat sehingga selalu ada sinergi pengelolaan keuangan antar SKPD dengan SKPKD. (ikj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *