Study Lapangan Praja IPDN Kampus NTB

BPKAD-Praya. Jumat 11 Januari 2019 bertempat di Ruang Tastura 3, BPKAD Kabupaten Lombok Tengah kedatangan 30 siswa praja IPDN Kampus NTB beserta pendampingnya yang disambut oleh Sekertaris BPKAD Bapak Bowo Susatyo. Ini adalah kali ke2 praja IPDN hadir ke Kantor BPKAD sebagai bagian dari Praktek Lapangan pelaksanaan materi belajar Penyusunan Perencanaan dan Musrenbang.

Sebagai narasumber acara Bapak Bowo Susatyo menyampaikan beberapa materi utamanya yang berhubungan dengan proses Perencanaan Penyusunan Musrenbang, sebagaimana diketahui sebelum menjabat sebagai Sekertaris BPKAD beliau bertugas di Badan Perencanaan Daerah khususnya Kepala Bidang Monev yang langsung menangani Pelaksanaan Musrenbang. Penguasaan ini terbawa dan disalurkan secara langsung kepada praja IPDN melalui beberapa materi teknis dari awal Proses Musrenbang sampai dengan proses penyusunan APBD.

Kemampuan teknis seperti ini sangat dibutuhkan oleh praja IPDN karena kelak ketika mereka sudah turun dan mengabdi kepada masyarakat di Pemerintah Daerah, kemampuan dan keilmuan ini sangat dibutuhkan untuk memahami proses pengelolaan keuangan SKPD. Adapun laykanya proses Brainstorming sesi diakhiri dengan tanya jawab dimana beberapa informasi tambahan disampaikan sesuai dengan pertanyaan praja seperti bagaimana Pemerintah Daerah menyikapi kondisi defisit APBD dll.

BPKAD melalui Bowo Susatyo menyampaikan kegembiraan dan penghargaan atas antusiasme praja IPDN dalam menggali ilmu khususnya yang berkenaan dengan proses penyusunan Musrenbang sampai dengan tersusunnya APBD Pemerintah Daerah. (ikj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *