Kunjungan ke Kota Palembang

BPKAD-Kota Palembang. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah pada tanggal 6 s/d 8 Desember 2018 melakukan kunjungan ke Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Dalam kunjungan yang dipimpin langsung oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah H. Nursiah S.Sos M.Si dan didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Lombok Tengah Baiq Aluh Windayu W. S.E beserta Sekertaris Badan Bapak Bowo Soesatyo S.Sos M.Si dan segenap jajaran BPKAD Kab.Lombok Tengah diterima dan bertempat di Aula BPKAD Kota Palembang dengan Moderator Sekertaris BPKAD beserta segenap jajarannya. Kunjungan kali ini bertujungan untuk bertukar informasi menggali substansi Pengelolaan Keuangan Daerah sehingga apabila dimungkinkan untuk diadopsi demi kebaikan bersama dan profesionalisme dalam melayani masyarakat.

Dalam diskusi hangat yang berlangsung santai didapatkan beberapa informasi berguna seputar Pengelolaan Aset dan Akuntansi yang cenderung menjadi masalah di semua Pemerintah Daerah Prov/Kab/Kota seluruh Indonesia seperti pengelolaan aset tidak berwujud dan bagaimana menyikapi Amortisasinya, demikian pula permasalahan-permasalahan seputar Aset lainnya yang terus mendapat perhatian dari Lembaga Pemeriksa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Yang menjadi highlite dalam diskusi tersebut adalah informasi tentang bagaimana Pemerintah Kota Palembang berkerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengkaji dan mengindentifikasi potensi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga didapatkan rekomendasi kenaikan target PAD sebesar 100% dari tahun sebelumnya, proses intensifikasi ini dirasa akan mampu mencapai target yang sudah ditetapkan ujar Sekertaris Badan Pemkot Palembang.

Sebagai Kota yang baru saja menggelar ajang Asian Games pada tanggal 18 Agustus 2018 berdampingan dengan Jakarta, Kota Palembang yang memang dikenal dengan sebagai Sport City ini mendapat bantuan sebesar 78 Trilyun dari Pemerintah Pusat dalam penyiapan Infrastruktur Utama dan Pendukung pelaksanaan Asian Games. Proses pembangunan dilaksanakan H-2 Tahun pelaksanaan, untuk saat ini pembangunan Infrstruktur sudah terliat jelas di kawasan Jakabaring dan dalam kota berupa Jalur Transportasi Light Rail Transport (LRT) yang melintas dalam kota sehingga mempermudah akses transportasi dan meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang.

Acara ditutup dengan bertukar cinderamata sebagai buah tangan dalam mempererta hubungan antar Pemerintah Daerah dan kunjungan singkat ke area pelayanan Front Office BPKAD Kota Palembang yang terintegrasi lokasinya dengan Bank SUMSELBABEL sebagai Bank Daerah mitra kerja. (ikj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *