Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPKRI Tahun Anggaran 2017

Mataram РPemerintah Kabupaten Lombok Tengah yang diwakili Plt. Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri  S.IP yang didampingi Ketua DPRD Kabupaten Lombok Tengah , H.Ahmad Puaddi, SE pada tanggal 28 Mei 2018 menghadiri acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017 se-Provinsi Nusa Tenggara Barat  yang bertempat di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Acara ini merupakan puncak dari Proses Audit BPKRI terhadap pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang sudah dilaksanakan sebelumnya selama 1 bulan penuh.

Dalam acara ini juga dibacakan Opini BPKRI terhadap LKPD Kab.Lombok Tengah yang pada tahun ini meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kali ke 6 nya secara berturut-turut, prestasi ini merupakan sebuah Momentum bersejarah dalam Pelaksanaan Penatausaan Keuangan Pemerintah Daerah. Penyerahan LHP diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan NTB, H. Wahyu Priyono, SH,MM,CAK.

Dalam sambutannya Wahyu Priyono menjelaskan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan, BPK telah memeriksa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang terdiri dari Neraca tanggal 31 Desember 2017, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas dan Laporan Perubahan Ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, serta Catatan atas Laporan Keuangan.

LHP yang diserahkan BPK RI terdiri dari tiga bagian yang tidak terpisahkan, meliputi :

  • LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang memuat opini;
  • LHP atas Sistem Pengendalian Intern Dalam Kerangka Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah;
  • LHP atas Kepatuhan Terhadap Peraturan Perundang-undangan Dalam Kerangka Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Plt. Bupati Lombok Tengah dalam sambutannya menyampaikan syukur dan penghargaan kepada warga masyarakat Kab.Lombok Tengah dan DPRD Lombok Tengah serta Inspektorat Kab.Lombok Tengah yang telah sama-sama berikhtiar, tidak hanya WTP tetapi target kinerja dapat diraih secara optimal. Sementara, Ketua DPRD Lombok Tengah dalam sambutannya memberikan tanggapan atas prestasi WTP Pemerintah Kab.Lombok Tengah yang keenam kalinya. Menurut Ahmad Phuaddi , hal tersebut merupakan prestasi yang luar biasa. Prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras dan kerja sama semua pihak termasuk masyarakat yang telah mendukung seluruh program pemerintah, sehingga dalam kurun waktu ini proses pembangunan mengalami kemajuan yang cukup pesat.

LHP diserahkan oleh Kepala Perwakilan kepada pimpinan DPRD dan sepuluh kepala daerah kesepuluh kabupaten/kota. Hasil pemeriksaan BPK menyatakan opini untuk kesepuluh entitas adalah WTP. Ini merupakan tahun kedua dimana seluruh entitas di Provinsi NTB memperoleh opini WTP.

Melalui kegiatan ini, BPK RI berharap mutu hubungan kelembagaan BPK RI dengan pemangku kepentingan dan pemahaman serta dukungan masyarakat terhadap BPK RI dalam mendorong terwujudnya tata kelola keuangan Negara/Daerah yang akuntabel dan transparan sehingga dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat provinsi Nusa Tenggara Barat. (ikj)

 

(image courtesy : Lensa Humas Lombok Tengah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *