[Updated 4 April 2018] Pemeriksaan Barang Milik Daerah (BMD)

BPKAD-Praya. Dalam rangka persiapan Sensus Barang Milik Daerah (BMD) dan permintaan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) pada tahun 2018 ini, BPKAD melakukan proses pemeriksaan Barang Milik Daerah SKPD kendaraan dinas roda 2 dan 4 yang menjadi Aset dimana Sampling pilot project pemeriksaan berjumlah 6 SKPD yaitu BPKAD, BKPP, DPMD, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu dan Kecamatan Praya Tengah. Semua kendaraan dinas dikumpulkan dan diperiksa kelengkapan baik nomer rangka dan mesin beserta kelengkapan dokumen kendaraan dinas. Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Aset ini bertempat di halaman parkir Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Tengah pada tanggal 2 April 2018.

 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan dalam pemeriksaan Barang Milik Daerah (BMD) khususnya persiapan pelaksanaan Sensus BMD Tahun 2018  sehingga data aset  di lapangan yang dimiliki sesuai dengan Kartu Kontrol BMD SKPD ataupun kondisi yang tercatat di Aplikasi Pengelolaan Barang Milik Daerah.  Pada saat yang bersamaan dilakukan pula kegiatan yang sama bertempat di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Lombok Tengah sebagai bagian dari pilot project pemeriksaaan BPK RI. Dari hasil pemeriksaan pada BKPP didapatkan informasi 1 buah kendaraan dinas Roda 2 belum tercatat di Kartu Inventaris Barang (KIB) dikarenakan pemilahan data pada saat pemisahan Bagian Kepegawaian dengan  Sekretariat Daerah, selain itu didapat pula Pencatatan Nomor Rangka yang berbeda dengan yang dicatat pada aplikasi Simda BMD. Perbaikan data dan penyempurnaan informasi segera dilakukan dengan memperbaiki data aset yang tercatat agar kedepannya tidak terjadi lagi perbedaan pencatatan aset. (ikj)


Updated :

Pelaksanaan pemeriksaan Barang Milik Daerah berlanjut pada tanggal 4 April 2018 dengan memanggil dan memeriksa Kendaraan Dinas Roda 2 dan Roda 4 dari DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PERLINDUNGAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA dan KECAMATAN PRAYA TENGAH, kegiatan masih bertempat di lapangan parkir Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Tengah dipimpin langsung Kepala Bidang Aset HENNY YULIANA E.R., S.STP, M.Si sampai kegiatan selesai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *